twitter


Seorang anak mengeluh pada ayahnya mengenai kehidupannya dan menanyakanmengapa hidup ini terasa begitu berat baginya. Ia tidak tahu bagaimanamenghadapinya dan hampir menyerah. Ia sudah lelah untuk berjuang.Sepertinya setiap kali satu masalah selesai, timbul masalah baru. Ayahnya,seorang koki, membawanya ke dapur.

Ia mengisi 3 panci dengan air dan menaruhnya di atas api. Setelah air di panci-panci tersebut mendidih.Ia menaruh wortel di dalam panci pertama, telur di panci kedua dan iamenaruh kopi bubuk di panci terakhir. Ia membiarkannya mendidih tanpaberkata-kata. Si anak membungkam dan menunggu dengan tidak sabar,memikirkan apa yang sedang dikerjakan sang ayah. Setelah 20 menit, sangayah mematikan api.

Ia menyisihkan wortel dan menaruhnya dimangkuk, mengangkat telur dan meletakkannya di mangkuk yang lain, dan menuangkan kopi di mangkuk lainnya. Lalu ia bertanya kepada anaknya,"Apa yang kau lihat,nak?"

"Wortel, telur, dan kopi" jawab sianak. Ayahnya mengajaknya mendekat dan memintanya merasakan wortel itu.Ia melakukannya dan merasakan bahwa wortel itu terasa lunak. Ayahnyalalu memintanya mengambil telur dan memecahkannya. Setelah membuangkulitnya, ia mendapati sebuah telur rebus yang mengeras.

Terakhir,ayahnya memintanya untuk mencicipi kopi. Ia tersenyum ketika mencicipikopi dengan aromanya yang khas. Setelah itu, si anak bertanya, "Apaartisemua ini, Ayah?"

Ayahnya menerangkan bahwa ketiganya telahmenghadapi 'kesulitan' yang sama, melalui proses perebusan, tetapimasing-masing menunjukkan reaksi yang berbeda. Wortel sebelum direbuskuat, keras dan sukar dipatahkan. Tetapi setelah direbus, wortelmenjadi lembut dan lunak. Telur sebelumnya mudah pecah. Cangkangtipisnya melindungi isinya yang berupa cairan. Tetapi setelah direbus,isinya menjadi keras. Bubuk kopi mengalami perubahan yang unik. Setelahberada di dalam rebusan air, bubuk kopi merubah air tersebut.

"Kamutermasuk yang mana?," tanya ayahnya. "Ketika kesulitan mendatangimu,bagaimana kau menghadapinya? Apakah kamu wortel, telur atau kopi?"

"Bagaimanadengan kamu? Apakah kamu adalah wortel yang kelihatannya keras, tapidengan adanya penderitaan dan kesulitan, kamu menyerah, menjadi lunakdan kehilangan kekuatanmu."

"Apakah kamu adalah telur, yangawalnya memiliki hati lembut? Dengan jiwa yang dinamis, namun setelahadanya kematian, patah hati, perceraian atau pemecatan maka hatimumenjadi keras dan kaku. Dari luar kelihatan sama, tetapi apakah kamumenjadi pahit dan keras dengan jiwa dan hati yang kaku?."

"Ataukahkamuadalah bubuk kopi? Bubuk kopi merubah air panas, sesuatu yangmenimbulkan kesakitan, untuk mencapai rasanya yang maksimal pada suhu100 derajat Celcius. Ketika air mencapai suhu terpanas, kopi terasasemakin nikmat."

"Jika kamu seperti bubuk kopi, ketika keadaanmenjadi semakin buruk, kamu akan menjadi semakin baik dan membuatkeadaan di sekitarmu juga membaik."

"Mana yang kau pilih??"

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e:
:f: :g: :h: :i: :j:
:k: :l: :m: :n: :o:
:p: :q: :r: :s: :t:
:u: :v: :w: :x: :y:
:z: :1: :2: :3: :4:
:5: :6: :7: :8: :9:
:10: :11: :12: :13: :14:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.